Senin, 05 Agustus 2013

Rahasia Awal Membuat Blog

Blog kini tidak berhenti sebagai sarana bertukar informasi saja: lebih jauh lagi, blog menjadi ajang unjuk popularitas. Bahkan, sebagian orang telah retired dari pekerjaan utamanya sehari-hari dan beralih membangun pundi-pundi uang melalui blog. Blog telah menjadi alat baru di internet yang mengubah sebagian besar kehidupan konvensional.

Itu yang membuat banyak orang tergiur untuk membangun blog. Membangun blog mungkin sangat sangat mudah: hanya membutuhkan beberapa kali klik internet, sebuah blog telah berhasil diciptakan. Tetapi, sebagai calon blogger profesional, tidak adakah tips-tips tertentu untuk membangun blog sejak awal? Ikuti tips-tips berikut ini.

1. Tentukan Identitas Blog Anda

Tanyakan ini kepada diri Anda: "Anda ingin jadi blogger seperti apa?" Pilihan jawabannya ada banyak: blogger film, blogger teknologi, blogger musik, travel-blogger, blogger gaya hidup atau fashion, blogger bisnis, dan lain-lain. Ini adalah hal yang penting Anda tanyakan di depan, agar untuk seterusnya Anda akan konsisten di jalur yang sama. Jangan khawatir bahwa orang-orang tidak menyukai topik yang Anda pilih: selalu ada porsi pembaca tersendiri untuk semua topik blog. Pilih saja satu yang paling Anda sukai, jangan dulu pikirkan apakah ada yang membaca atau tidak.

2. Pilih Platform yang Tepat

Jangan terburu-buru membeli domain .com yang berbayar jika akhirnya Anda tidak membutuhkan banyak fitur profesional. Ada banyak platform gratisan untuk blog: Blogger, Wordpress, Tumblr, Livejournal, dan lain-lain. Ada baiknya Anda melakukan browsing untuk menentukan platform mana yang tepat untuk topik yang Anda tentukan. Sejatinya, semua platform blog punya kemampuan yang hampir sama, tetapi pilihlah yang paling Anda kuasai. Jadi jika Anda blogger pemula, mungkin Blogger sesuai untuk Anda. Jika menginginkan fitur yang lebih canggih, Drupal atau Joomla! mungkin bisa Anda pertimbangkan, walaupun Anda memerlukan keahlian khusus untuk membangun blog di sana.

3. Tentukan Nama

Nama blog Anda adalah identitas Anda sebagai blogger. Nama blog Anda adalah brand Anda. Jangan pilih nama aneh-aneh seperti itsjustapieceofmycrazymind.blogspot.com; pilih yang singkat, padat, dan mewakili topik blog Anda. Dan yang terpenting: unik. Tidak usah khawatir jika nama Anda bukan kata baku atau tidak sesuai tata bahasa yang baik, nama yang unik akan memudahkan orang mengingatnya dan justru lebih populer di search engine ketimbang nama yang umum-umum saja. Menentukan nama blog bisa jadi hal yang paling menguras inspirasi, seriuslah dalam tahapan ini. Jangan sampai Anda merasa harus mengganti nama dan URL blog Anda ketika Anda sudah berhasil mengumpulkan pembaca untuk blog Anda

4. Persiapkan Senjata Promosi

Ciri-ciri blogger yang baik adalah blogger yang aktif di dunia maya, termasuk jejaring sosial. Jejaring sosial terbukti ampuh sebagai alat promosi blog. Apa gunanya nama yang keren, platform blog yang mumpuni, konten yang berkualitas dan terpelihara, tetapi tidak ada orang yang tahu bahwa Anda baru saja membangun blog? Promosi itu penting. Untuk tahap awal, Anda bisa memanfaatkan jejaring sosial untuk berbagi tautan ke posting yang baru saja Anda buat di blog Anda. Selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan situs social bookmarking, bertukar link dengan blogger lain, dan kiat-kiat promosi lainnya.
- See more at: http://www.fanspage-id.com/2012/10/tips-memulai-blog-anda.html#sthash.2C38N2wB.dpuf

0 komentar:

Posting Komentar