Senin, 05 Agustus 2013

Meningkatkan Penjualan dengan Facebook

Facebook Marketing memiliki ruang lingkup yang sangat luas, dari mulai strategic sampai teknis, dari mulai channel platform, fusion dengan website sampai paid advertising. Nah, paid advertising via facebook pun terdiri dari beberapa jenis. Beda type beda dalam concern tujuan yang ingin dicapai. Mungkin dari beberapa tujuan diantaranya adalah build audience (menambah like), branding, atau juga meningkatkan konversi penjualan.




Panduan dasar, tentunya Anda harus mengetahui basic beriklan di facebook. Adapun optimasi dasar yang perlu diketahui adalah optimasi tingkat klik pada iklan facebook. Dibawah ini adalah beberapa hal optimasi khusus untuk meningkatkan konversi facebook Ads yang concern ke aktivitas selling:


1. Jenis Iklan

Dari beberapa jenis iklan facebook, gunakanlah Page Post Ads, atau mengiklankan posting fanpage facebook. Hal ini dikarenakan dengan posting fanpage facebook yang diiklankan akan memperluas ruang penulisan sales letter. Image/Gambar juga lebih besar dari iklan facebook yang hanya muncul di sebelah kanan (Marketplace Facebook Ads) .




Tambahannya adalah, jika Anda memasarkan produk affiliate atau produk musiman dimana Anda hanya menggunakan fanpage tersebut bukan untuk bisnis utama Brand yang dikembangkan hingga besar, Anda bisa membuat fanpage baru dengan Nama menggunakan Nama Buying Keyword, jadi ketika iklan muncul, user langsung tahu apa yang ditawarkan.


2. Placement/Peletakan Iklan 

Posisikanlah poin No.1 di atas munculnya di Newsfeed/Beranda dari user yang ditarget. Anda bisa mengatur tampilnya iklan hanya di beranda menggunakan fitur Power Editor. Mengapa di beranda? Karena perhatian mata facebook user lebih banyak dihabiskan di beranda, lebih besar 40% konsentrasi mereka. Ini yang menyebabkan beberapa iklan yang muncul di sidebar walau sudah disetting optimasi agar menarik dan eyecatching namun tetap saja ada yang lolos dari perhatian. 





Memang secara matematika jika Anda sudah sering beriklan facebook di Indonesia, perbandingan bid (penawaran) harga di Newsfeed adalah 100x lebih besar harga per 1000 tampilannya jika dibanding tampil di sidebar. Namun konversinya tentu akan berbeda.


3. Copywriting

Setelah Anda menguasai poin 1 dan 2 langkah berikutnya adalah tentang meningkatkan konversi melalui buah tangan penulisan content Anda! Tentu hal yang wajib pada struktur konten adalah gambar yang menarik perhatian, juga penulisan, silakan review kembali artikel CRO on Page base conversion untuk lebih mendalami, poin-poinnya pada bagian bawah artikel itu.


4. Targeting 

Andaikan ada 1.000.000 orang yang suka akan durian, namun Anda tawarkan buah sirsak, maka tentunya konversi akan rendah bukan? Tugas Anda adalah, pada saat mengatur targeting pada poin 1 di atas, Anda juga concern pada behavior dari user. Siapa target iklan Anda? Apa yang mereka sukai? Ada beberapa hal penting dalam meruncingkan ketepatan targeting:

a. Riset (Targeting bayang-bayang)
b. Precise Interest (Mengandalkan Otak kanan Anda!)
c. Custom Audience (Sangat runcing untuk ketepatan targeting)


5. Quo Vadis?

Dibawa kemana? Toko Online Anda berbasis shop online/add to cart atau manual (bisa order via SMS, BB, dan device yang lain) ? Jika berbasis shop online seperti halnya +Lazada.co.id maka yang Anda harus perhatikan adalah concern pada traffic ke website dari iklan yang kita kampanyekan. Maka dari itu kemudian concern pada link clicks. Seberapa besar link pada page post diclick, benar? Anda bisa men-track URL yang Anda tambahkan pada page post dengan menggunakan pemendek URL yang dibubuhkan pada posting. Jika audience bisa shop secara manual, link clicks tidak juga terlalu Anda titik beratkan. Lebih Anda optimasi copywriting-nya.


6.  Tambahan

















Pada poin 5 terkait link clicks, jika Anda concern di situ, memang sesungguhnya riset menunjukan bahwa tingkat link click juga dipengaruhi oleh jenis pos. Tipe post dengan link click tertinggi adalah posting dengan URL Link yang dimana posting tersebut terdapat preview URL nya, thumbnail URL dll. Mengapa? karena dari space itu semua mengarah ke URL yang dituju.




Selain itu untuk update terbaru akhir-akhir ini, tumbnail link juga bisa dirubah gambarnya, seperti Anda lihat di atas, gambar lebih eyecatching dan lebih menarik lagi untuk diclick, ingat tipe post di atas adalah contoh dari Link bukan photo
- See more at: http://www.fanspage-id.com/2013/07/tutorial-iklan-facebook-optimasi-untuk.html#sthash.UPcyNGGo.dpuf

0 komentar:

Posting Komentar